My Digital Heroes.. Inisiator Gerakan Sosial “Indonesia Bercerita” dan “Boneka Takita”

Sudah berapa kali melihat anak-anak bermain-main dengan gadget canggih mereka?

Sering sekali saya melihat anak-anak kecil diberikan gadget caanggih sebagai mainan mereka, hal ini semata-mata digunakan agar anak-anak kecil tidak lagi rewel, menangis dan merengek. Akan tetapi tahukah kamu tentang bahaya nya gadget canggih dan teknologi digital terhadap anak?

Gadget canggih dan teknologi digital memang memiliki beberapa hal positif untuk pengembangan wawasan, akan tetapi ada beberapa hal negatif yang juga berbahaya jika digunakan tanpa pengawasan. Baru-baru ini juga banyak terjadi kejahatan digital yang memakan banyak korban, baik dari segi materiil ataupun moral. Anak-anak belum bisa memilah kedua hal tersebut, dan disinilah harusnya orang tua berperan. Sayangnya yang terjadi justru sebaliknya. Keberadaan gadget canggih tersebut menjauhkan hubungan antara anak dan orang tua. Membuat anak-anak menjadi terasing, dan komunikasi yang terjadi antara anak dan orang tua menjadi turun drastis.

Disini saya mengenal @Bukik sebagai salah satu digital heroes yang mengembangkan Indonesia Bercerita. Seseorang yang peduli dengan perkembangan anak di era digital ini.

Indonesia Bercerita menjadi sebuah gerakan social yang mengajak kita untuk kembali membiasakan untuk bercerita kepada anak. Dengan begitu, komunikasi antara orang tua dan anak akan kembali harmonis. Selain itu juga masih banyak sekali hal positif yang bisa didapat oleh anak pada saat proses bercerita.

 

556314_402273009838412_1309640656_n

 

Selain gerakan Indonesia Bercerita, @Bukik juga membuat gerakan sosial yang bernama Boneka Takita. Takita adalah mascot dari Indonesia Bercerita. Disini Boneka Takita berfungsi sebagai salah satu media orang tua untuk bercerita dengan anak. Berbeda dengan gadget canggih yang memiliki dampak negatif untuk anak-anak, Boneka takita lebih memiliki manfaat untuk perkembangan komunikasi antara orang tua dan anak.  Boneka Takita juga terintegrasi dengan web social “TemanTakita.com”, dimana web tersebut merupakan web yang aman untuk anak-anak.

Perkembangan anak-anak memang menjadi hal yang perlu kita perhatikan, mengingat mereka adalah penerus kita di masa yang akan datang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *