Lima “C” Untuk Sukses di Digital Marketing

Pembicara Gathering The MarketeersWaktu itu saya menghadiri acara gathering The Marketers, sebenernya saya sendiri bukan member dari The marketers sih.. tapi kebetulan saat itu saya dapet bisa ikut, jadi ya ngikut deh.. berharap bisa colong-colong ilmu sedikit..  :p

Acaranya di D’Kampoeng, yang berletak di Mall Sutos. sebenernya baru pertama kali juga saya masuk ke restoran ini. sebuah resto yang konsepnya semacam mini foodcourt. jadi ada foodcourt dalam resto.. hihihi.. lucu ya..

Tema dari acara gathering The Marketers saat itu adalah tentang “Digital Marketing”, sebuah cara pemasaran yang melalui media digital, atau media online lah bahasa singkatnya. Cukup menarik juga, sebenarnya “Digital Marketing” sudah dikenal dari beberapa tahun lalu, akan tetapi memang tidak banyak pemainnya. (atau juga banyak pemain tapi sedikit yang kita kenal)..

Nah, disini mungkin niatnya adalah berbagi tentang pengalaman orang-orang yang sukses dengan “Digital Marketing”

Ada empat pembicara, yaitu @inijie – seeorang profesional food photografer dari inijie.com, Mas Febri owner dari brosurkilat.com, @bukik blogger, dan personal branding consultant dari bukik.com, serta Bu Menik dari Telkomsel.

Karakter pembicara sebenarnya cukup memiliki karakteristik latar belakang yang berbeda.. ada yang dari corporate, ada yang pedagang, ada ayang photografer dan konsultan. akan tetapi kurang lebihnya mereka melalui jalan “Digital Marketing” yang hampir sama.

Dari obrolan ke empat orang ini, saya menangkap empat kata kunci yang cukup penting dalam melaksanakan “Digital Marketing”

1. Create

Yes, Start now! create your account.. your way to communicate.. baik itu twitter, facebook, atau blog dan semacamnya, kamu harus memiliki setidaknya satu media untuk berkomunikasi dengan “pasar”mu

2. Conversation

Ngobrol sama followersmu, ngobrol sama orang-orang yang biasanya mengunjungi blog mu dan komen. tidak perlu secara offline, tapi katakan ajak mereka melakukan percakapan melalui mediamu tersebut. sehingga user akan merasa terikan / engage dengan kamu.

3. Convert

Nah setelah user kamu telah engage, biasanya mereka akan lebih mudah menerima produk yang kamu jual. Tidak semua nya perlu ditawarkan secara “hard selling”, akan tetapi dengan media dan cara berkomunikasi kamu, biasanya user tahu apa yang akan kamu pasarkan. tidak banyak juga yang justru mereka yang mencari-cari kita karena impact dari percakapan yang kamu lakukan sehari-hari secara online.

4. Communitty

Peran komuniti di Digital Marketing bisa di bilang cukup besar. mereka yang membuat brand kamu di bicarakan secara berkesinambungan , mereka yang menjadi agen marketing kamu paling depan. tentu saja hal ini tidak berarti marketing secara langsung. akan tetapi impact dari word of mouth tiap-tiap personilnya memiliki dampak tersendiri. selain itu.. community juga dapat membantu dalam langkah awal pengembangan atau sounding dari brand itu sendiri.

ada beberapa hal lain lagi sih yang sebenarnya saya tangkap dari obrolan kemarin.. ada beberapa juga yang miss, karena suara kurang terdengar..

dari saya sendiri ada 1 “C” lagi yang bisa ditambahkan yaitu

5. Consistency

Ini adalah yang paling penting dalam melakukan “Digital Marketing”. kegiatan dan percakapan harus dilakukan secara konsisten.. karena kita perlu mereka menangkap brand image kita yang sebenarnya.. menyadari tanpa harus dipaksa dengan hard selling.

Semoga nanti masih banyak acara kayak gini yang terbuka untuk umum.. jadi nya bisa ngikut lagi dan colong-colong ilmu lagi.. :p

Let’s Go Digital

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *