Stand Up Comedy : Tidak Mudah Untuk “Berdiri”

Stand up Comedy adalah salah satu bentuk pertunjukan yang menampilkan seseorang memberikan joke-joke tertentu agar penonton tertawa. Sebenarnya sudah lama pertunjukan stand up comedy ada di indonesia, sayangnya dahulu tidak begitu booming seperti sekarang ini. Munculnya Stand up comedy yang sekarang sedang booming ini di pelopori oleh @pandji dan @radityadika.

Beberapa minggu lalu diberitakan ada openmic untuk stand up comedy di sebuah cafe yang ada di Surabaya.. Karena saya salah satu penikmat comedy saya langsung saja menuju ke cafe itu untuk melihat bagaimana suasana stand up comedy sebenarnya..

Teknik dasar dari stand up sebenarnya mudah, yaitu “Setup” dan “Punchline”. Setup adalah bagian cerita yang tidak lucu yang dan Punchline adalah bagian yang lucu. Tapi tetap saja tidak mudah ternyata untuk menjadi seorang comic (sebutan aktor yang melakukan stand up comedy), perlu banyak persiapan, mulai dari materi sampai dengan strategy penyampaian.

Saya (sebagai penikmat, bukan praktisi  :P) melihat ada beberapa hal yang bisa diperhatikan saat kamu mencoba menjadi comic.

  • Materi, inilah hal dasar yang harus dipersiapkan bagi semua comic. Materi jangan sampai terlalu panjang pada setup, hal ini bisa menyebabkan kebosanan.. terutama bila cerita nya berbelit-belit.
  • Penyampaian, Ini hal kedua yang paling penting, ada banyak kasus di openmic kemarin yang gara-garanya adalah cara penyampaian yang kurang menarik. ada beberapa hal yang perlu untuk diperhatikan untuk comic pada saat penyampaian materinya.
  • Suara, diperlukan suara yang dapat mengambil perhatian dari penonton. Pada openmic tempo hari ada beberapa comic yang bersuara kecil dan seperti bergumam, sehingga penonton tidak mendengar dan lebih memilih untuk ngobrol dengan
  • Ekspresi, nah ini tidak menjadi elemen essensial.. tapi hal ini menaikkan prosentase kemungkinan penonton tertawa, jika ceritamu tak cukup lucu.. mungkin ekspresi muka comic yang kebingungan menjadi hal yang lucu untuk ditertawakan.
  • Hitting the Punchline, ini seperti bonus point dalam sebuah game. Saat punchline kamu udah kena di penonton dan mereka tertawa… eksplorasi lebih lanjut.. berikan celetukan atau cerita pendek lain untuk hal tersebut.. jadi ini akan memungkinkan untuk mendapat combo laugh dari penonton

well, at least itu hal yang bisa saya analisa dari segi penonton, tentu hal ini mungkin akan berbeda saat kamu naik ke atas panggung. dan Tentu saja jam terbang seorang comic akan sangat menentukan keberhasilannya melakukan stand up comedy yang menghibur.

hope it helps

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *